Followers

Wednesday, February 4, 2015

Yang Lanjut Usia, Yang Berprestasi ! (sebuah rekap kegiatan di Bulan Desember)

Ada yang sedikit berbeda dari nuansa Bulan Desember di Kecamatan Tosari, khusunya untuk para kaum lanjut usia (lansia). Alhamdulillah, demi menyemarakkan semangat Hari Ibu yang jatuh pada bulan tersebut, Tim Penggerak PKK Kecamatan Tosari mengajak Pencerah Nusantara 3 Tosari untuk menyelenggarakan lomba senam untuk lansia. Nah, sejujurnya bukan hanya senam lansia saja yang diselenggarakan dalam Perayaan Hari Ibu, masih ada lomba senam parenting, menu makanan sehat, dan masih banyak lagi. Berhubung lomba senam lansia ini juga menjadi fokus dari Upaya Pengembangan Puskesmas, makanya kami terlibat secara penuh dalam proses pelaksanaannya.


Ira (Pemkes PN3 Tosari) & Rona (Perawat PN3 Tosari) sedang memandu pembukaan acara

Ira sedang memimpin senam bersama
Lyda (Bidan PN3 Tosari) yang berperan besar dalam persiapan serta pelaksanaan senam lansia

Sebelum pelaksanaan lomba dimulai, kebetulan Pencerah Nusantaa 3 Tosari sedang berupaya untuk mengaktifkan kembali senam yang sudah seharusnya ada di setiap Posyandu Lansia. Oleh karena itu, di 2 bulan pertama masa bhakti, kami mencoba memperbanyak CD Senam Lansia dan juga mengadakan pelatihan bagi para kader lansia. Dalam proses ini, Lyda (bidan PN 3 Tosari) yang menjadi penanggung jawab program ini. Bulan berganti bulan, sampailah di Bulan Desember :) 
Bapak Camat Drs. Iyo Ashari beserta istri membuka Lomba Senam Lansia

Bdn. Murtini (Koor. Bidan Puskesmas Tosari) menjadi perwakilan Puskesmas dalam membuka Lomba Senam Lansia

dr. Udin (Dokter PN3 Tosari) mewakili Pencerah Nusantara membuka Lomba Senam Lansia
Lomba Senam Lansia ini sebenarnya wajib diikuti oleh semua desa. Mengapa ? Karena lomba ini ditujukan untuk mencari perwakilan terbaik yang akan dikirim ke Lomba Senam Lansia tingkat Kabupaten Pasuruan. Sayangnya, ada 1 desa, yaitu Baledono, yang tidak mengikuti lomba ini. Namun, meskipun begitu, hal ini tidak menyurutkan semangat kami serta lansia dalam perlombaan ini. Daaaan, lomba pun dimulai !

Perwakilan peserta dari Desa Sedaeng terpilih menjadi urutan pertama. Semangat tinggi nampaknya tergambarkan dari warna seragam yang mereka pakai. Perjalanan pagi yang cukup dingin dari Sedaeng sepertinya tidak menurunkan semangat mereka.
Tim Sedaeng sedang beraksi
Tim Podokoyo dengan seragam merah hitamnya 
Desa Podokoyo menjadi tim yang tampil di urutan kedua. Kali ini masih dengan semangat membara karena seragamnya pun berwarna merah. Setelah itu, Mororejo dengan seragam ungu-putih serta topi ungunya tampil memukau dengan membentuk formasi yang berbeda. Ada pemandangan menarik di sini, hampir semua peserta dari Mororejo yang tidak lain lansia sangat bersemangat dan hampir sempurna dalam setiap gerakannya.
Formasi 'berbeda' dari Tim Mororejo
Penampilan selanjutnya adalah Desa Kandangan. Desa yang sejujurnya belum memiliki kegiatan Posyandu lansia ini semangat sekali ikut menyemarakkan lomba dengan seragam hijau hitamnya. Masih dengan seragam hijaunya, Desa Tosari menjadi penampil kelima yang memeriahkan Lomba Senam Lansia. Jujur, Desa Tosari inilah yang tampil dengan kostum yang sangat ciamik.

Penampilan Desa Kandangan di bawah kabut pagi Tosari
Kostum ciamik dari Desa Tosari


Ibu-ibu bugar dari Desa Ngadiwono

Ranger Orange dari Desa Wonokitri
Dua penampilan terakhir diisi oleh Desa Ngadiwono (dengan seragam merah menyalanya) dan Desa Wonokitri (dengan seragam orange-nya). Dua desa terakhir ini ialah dua desa wisata yang cukup terkenal di Tosari loh :)

Penampilan pun usai . . .

Waktunya dewan juri merekap skor yang telah diisi :)
Ibu Kartono (Ketua TP PKK Tosari), Bdn. Wayan (Koor. Kesehatan Usila Puskesmas Tosari), Julia (AISEC's student) dan Bdn. Lyda sedang berfokus melakukan penilaian


Ida (Pemkes PN3 Tosari) bergoyang duma saat sesi penutupan sambil menunggu pengumuman pemenang
Daaan, pemenangnya adalah . . .
Perwakilan Sedaeng (Juara Harapan I)-Mororejo (juara 3)-Wonokitri (juara 2)-Ngadiwono (juara 1)

Tim Pencerah Nusantara 3 Tosari beserta jajaran dewan juri dan pemenang



Daaaan, inilah beberapa momen spesial yang menunjukkan bahwa semangat lansia masih juara yang sempat kami tangkap :
Yang lanjut usia, yang berprestasi :)
Instruktur Mororejo yang sangat lincah di usia senjanya
Salam sehat !
@ronacahyantari


1 comment:

  1. wah apa kabar para lansia di Bromo. semoga masih ingat 10S hehehe.
    merindu mereka semua neh. selalu bersemangat padahal usia sudah tidak muda lagi. selalu belajar banyak dari mereka kalau apapun bisa terwujud asal semangat muda terus membara

    ReplyDelete