Followers

Saturday, May 31, 2014

Rokok, Riwayatmu Kini (disarikan dari buku A Giant Pack of Lies dan Data WHO)



Tanggal 31 Mei diperingati sebagai World No Tobacco Day. Berbagai kampanye anti rokok dan seruan-seruan untuk berhenti merokok meruak di berbagai kalangan dan daerah. Tapi apakah tren rokok di Indonesia menunjukkan perbaikan, atau justru rokok semakin parah menancapkan candu nikotinnya di bangsa ini ? Tahun 1970 produksi rokok di Indonesa hanya sekitar 30 miliar batang. Tahun 2009, produksi rokok mencapai 240 miliar batang, meningkat 800%. Namun Di saat yang bersamaan, industri rokok di negara maju justru terdesak berbagai hal sehingga terus melempem dan menyusut. Tim analisis Citigroup dalam guardian.co.uk memperkirakan industri rokok akan mencapai titik terendah pada 30-50 tahun mendatang. Data setengah abad itu menunjukkan penurunan jumlah perokok di negara maju yang merosot begitu cepat.
Bagaimana bisa terjadi ketimpangan yang cukup besar ? Menurunnya tren rokok di negara maju disebabkan oleh kesadaran akan pentingnya kesehatan, baik individu maupun publik serta regulasi pembatasan rokok yang kian ketat. Kanada misalnya, mengharuskan gambar peringatan efek rokok bagi kesehatan memenuhi 75 % kemasan. Finlandia, awal 2011, secara resmi merilis peraturan yang didedikasikan untuk mengakhiri rokok 2040. Obama pun kini telah meneken “The Family Smoking Prevention and Tobacco Control Act”. Itu berarti Departemen Makanan dan Obat-obatan Amerika Serikat (FDA) memiliki kewenangan penuh untuk membuat peraturan yang mengontrol konsumsi rokok di kalangan remaja dan anak-anak. Obama paham betul akibat yang ditimbulkan oleh rokok di negaranya. Biaya yang dikeluarkan untuk perawatan kesehatan akibat rokok bisa jadi lebih banyak daripada keuntungan yang diperoleh pemerintah dari cukai rokok. Ia mengungkapkan bahwa kasus kematian akibat rokok di Amerika sebesar lebih dari 400 ribu orang per tahun dan biaya perawatan kesehatan akibat rokok mencapai USD 96 miliar, jumlah yang fantastis.
Oleh karena itu, raksasa industri rokok dunia amat serius menggarap pasar dunia ketiga seperti Cina, Rusia, India, dan Indonesia : populasi besar didukung pula peraturan yang masih bisa dibengkokkan (dengan sentiment nasib petani & buruh industri rokok). Regulasi di Indonesia ? Rata-rata tarif cukai rokok di Indonesia masih rendah dibandingkan negara-negara lain. Ini memungkinkan rokok dijual dengan harga murah, sehingga terjangkau oleh kalangan yang lebih luas. 

Rokok : Permasalahan Kesehatan Masyarakat yang Mengerikan
Menurut data WHO 2014 : Rokok membunuh 6 juta orang setiap tahunnya. Lebih dari 5 juta kematian adalah hasil langsung dari penggunaan rokok, sementara lebih dari 600.000 kematian adalah hasil paparan asap rokok pada perokok pasif.  Ada sekitar satu orang meninggal setiap 6 detik karena penyakit yang terkait rokok. Perokok yang meninggal lebih awal akan menggoncang ekonomi keluarganya, serta meningkatkan biaya kesehatan dan menghambat pertumbuhan ekonomi.
Nasib perokok pasif ternyata juga tak kalah menyedihkan. Pada orang dewasa, asap rokok pada perokok pasif dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular dan pernapasan yang serius, pada bayi asap rokok dapat menimbulkan kematian mendadak, pada wanita hamil dapat menyebabkan bayi yang dilahirkan memiliki berat badan yang jauh lebih rendah. Hampir setengah dari anak-anak menghirup asap rokok secara rutin di tempat umum. Lebih dari 40 % anak paling tidak memiliki satu orang tua yang merokok.

Perkembangan Populasi Perokok di Indonesia
Populasi perokok di Indonesia terus meningkat, tahun 1995 hanya 27 % penduduk Indonesia yang mencandu rokok. 15 Tahun kemudian, Riskesdas Kemenkes 2010 menunjukkan ada 80 juta jiwa atau 34 % penduduk Indonesia mencandu rokok. Ini berarti 1 dari 3 penduduk Indonesia adalah perokok. Masih berdasarkan data Riskesdas Kemenkes RI 2010, dengan produksi 240 miliar batang setahun, setiap perokok di Indonesia diperkirakan menghisap 4000 batang rokok setahun
Bagaimana dengan perokok muda ? Lajunya juga tumbuh dengan pesat. Industri rokok tahu betul perokok muda adalah aset terbesar mereka. Semakin awal seseorang mencoba merokok, semakin sulit ia melepas candu nikotin. Di belahan dunia yang lain, Amerika melarang iklan rokok dalam berbagai format, termasuk di layar televisi. Sementara Indonesia bisa dibilang surganya industri rokok. Industri bisa leluasa mempromosikan bahwa merokok itu keren, cool, dan penuh tantangan. Anak muda adalah investasi industri rokok untuk menjamin bahwa pasar masa depan akan selalu ada.
Philip Morris, menurut Vanguard , penggagas documenter berjudul ‘Sex, Lies, and Cigarettes’, mengeluarkan uang 200 juta dolar amerika untuk pemasaran di Indonesia, khususnya untuk menyuburkan lahan perokok muda, caranya dengan menanam sponsorship di berbagai kegiatan yang disukai anak muda, film, konser, musik, dan olahraga.
“Rokok bisa jadi ancaman, tak main-main, kualitas generasi muda menjadi taruhan apabila tren peningkatan perokok belia ini terus dibiarkan berlanjut”-Hakim Sorimuda Pohan
Anak-anak juga tak lepas dari paparan rokok, keluarga dan masyarakat membombardir anak-anak dnegan kebiasaan merokok, dengan santai menghisap nikotin di depan anak-anak. Faktanya, hanya dalam lima tahun selama 2001-2004, presentase perokok belia (5-9 tahun) meningkat tajam dari 0.,4 menjadi 1,8 persen = 5 kali lipat.

Pentingnya Regulasi

Berbagai gerakan masyarakat yang peduli kesehatan dan menolak rokok telah menjamur. Ini merupakan perkembangan yang cukup positif. Tak sedikit pula anak muda yang gencar mengkampanyean isu anti rokok dengan cara-cara yang kreatif dan menarik. Namun swadaya masyarakat saja jelas tak cukup untuk menekan laju perokok. Dibutuhkan dukungan pemerintah untuk menetapkan regulasi yang kontra rokok. Ada pihak-pihak tak berdaya yang butuh perlindungan dari gempuran rokok yang kian menggila, seperti anak-anak dan remaja.

Salah satu solusi yang ditawarkan WHO dalam kampanye World No Tobacco Day tahun ini adalah meningkatkan pajak. WHO membesut tema "naikkan pajak agar bisa menyelamatkan lebih banyak nyawa". Meningkatkan pajak rokok dan membuat harga rokok 2 sampai 3 kali lipat lebih mahal adalah cara yang efektif untuk mnurunkan populasi perokok muda. Itu berarti memutus lingkaran setan candu rokok.

Sampai regulasi itu nyata, perjuangan melawan rokok tak akan pernah berhenti...
@banibacan

No comments:

Post a Comment