Followers

Monday, December 2, 2013

Menebar Semangat Sehat di Tosari : Senyum Sehat Bromo



Sinar matahari adalah salah satu barang langka yang dicari-cari di Tosari, apalagi saat musim hujan seperti ini. Luar biasanya, dua bulan masa tugas Pencerah Nusantara ditutup dengan hari penuh limpahan sinar matahari, di hari ini pula berlangsung kegiatan Senyum Sehat Bromo.




Senyum Sehat Bromo adalah sebuah kegiatan bakti sosial yang dimotori oleh Pencerah Nusantara dan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Kabupaten Pasuruan, kami juga belerjasama dengan pihak kecamatan Tosari dan Puskesmas Tosari. Dari temanya, terlihat bahwa kegiatan ini berfokus pada kesehatan gigi dan mulut. Harapan terbesar kami meluncurkan Senyum Sehat Bromo adalah membuat masyarakat Tosari benar-benar bisa tersenyum karena gigi dan mulut mereka yang senantiasa sehat.

Dalam proses persiapan selama satu bulan, banyak kejadian nano-nano yang kami alami. Mulai dari menyebar undangan dan kupon ke seluruh desa di Tosari hanya dalam tempo satu hari, membuat janji kilat dengan bapak penjual balon di malam pementasan Ludruk, bapak yang bahkan kami tidak memiliki kontaknya sampai hari H (untungnya bapak ini berbaik hati mau benar-benar naik ke Tosari),  hingga malam yang membuat jari kami keriting karena harus mengemas bingkisan untuk 500 anak SD peserta gosok gigi masal.

membungkus 500 bingkisan untuk siswa SD di tengah mati lampu

 Sampai akhirnya tibalah hari Sabtu, tanggal 30 November 2013. Pagi super cerah menyambut kami. Di tengah persiapan di pos masing-masing, kehadiran siswa-siswi SD Wonokitri yang akan menampilkan marching band kebanggaan mereka memecah heningnya lapangan. Mereka datang menaiki pick up dengan yel-yel yang cetar membahana. Tak lama kemudian, satu per satu SD datang dengan guru-gurunya, lapangan puskesmas Tosari pun riuh dengan wajah-wajah ceria dan suara anak-anak. Sekitar 500 anak SD dari 6 SD di kecamatan Tosari bersama-sama mengikuti gosok gigi masal dan senam cuci tangan bersama. Ibu Bupati Pasuruan membuka acara ini dan mengajak anak-anak untuk menyanyi bersama lagu gosok gigi, Pencerah Nusantara menjadi instruktur senam cuci tangan, sedangkan para dokter gigi mengajari cara gosok gigi yang benar sembari praktik secara langsung.
aksi SD Baledono 1 : seluruh siswa naik truk, seluruh guru juga ikut serta mendampingi

 
Marching Band Wonokitri : cetar membahana !
Pembukaan Senyum Sehat Bromo : Pelepasan Balon oleh Ibu Bupati Kabupaten Pasuruan
 
Senam Cuci Tangan Bersama
Praktik Gosok Gigi yang Benar
Di pos yang lain, berlangsung pula pengobatan gratis umum dan gigi. Antusiasme masyarakat Tosari cukup besar di kegiatan ini. Ada lebih dari 100 orang yang hadir dan mendapat pelayanan. Pengobatan gratis adalah salah satu cara meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengakses tenaga kesehatan. Karena dalam pengobatan gratis masyarakat juga diedukasi untuk datang ke puskesmas apabila memiliki keluhan pada kesehatannya.

Pos terakhir dari kegiatan Senyum Sehat Bromo adalah penyuluhan tentang kesehatan gigi dan mulut ke ibu-ibu PKK desa Tosari. Ibu memiliki peran yang sangat krusial bagi perkembangan anaknya maupun kebiasaan anggota keluarga yang lain. Dengan diadakannya penyuluhan bagi ibu-ibu PKK di Tosari, diharapkan keluarga si ibu dapat menerapkan pengetahuan yang diperoleh di keluarga dan menjadikan hal tersebut sebagai kebiasaan, baik bagi diri ibu maupun anggota lain di keluarga.


Penyuluhan Ibu-ibu PKK

Senyum Sehat Bromo adalah sebuah pemantik yang membuat kami semakin berkobar untuk menebarkan semangat sehat ke masyarakat Tosari.
Salam Sehat !

Bani Bacan Hacantya Yudanagara, S.Psi
@banibacan


No comments:

Post a Comment