Followers

Thursday, January 15, 2015

Disuntik, siapa takut ? (sebuah rekap kegiatan sepanjang Oktober-November)

Ada yang berbeda di Tosari di sepanjang bulan Oktober sampai dengan November. Perbedaan tersebut terutama dirasakan oleh anak-anak sekolah, khususnya pelajar SD. Nah, momen ini sebenarnya momen pertama bagi Pencerah Nusantara 3 Tosari untuk mengenal wilayah secara utuh dan tentunya lebih dekat dengan masyarakat. Namun, di balik semua efek positif itu, pada momen ini pula lah, Pencerah Nusantara 3 Tosari mendapat panggilan "Ada Suntikan datang !" .

Ya, sepanjang bulan tersebut, Puskesmas Tosari sedang melaksanakan Bulan Imunisasi Anak Sekolah. Pasti kalian bertanya-tanya, koq telat banget sih baru bulan itu dilaksanakan ? Tosari memang tempat yang istimewa, bukan hanya karena tempatnya yang dekat dengan langit, tetapi juga kekayaan budayanya. Pelaksanaan BIAS di Tosari sedikit mundur dari jadwal karena adanya Perayaan Hari Karo (Hari Besar Warga Tengger yang dirayakan oleh 3 agama). Nah, unikya Hari Karo ini, kehidupan masyarakat bisa lumpuh total karena semua warga punya agenda silahturahim, termasuk anak-anak sekolah. Unik kan ?

Kembali lagi ke BIAS, dalam pelaksanaannya, kami (Pencerah Nusantara 3 dan Puskesmas Tosari) tidak hanya melakukan kegiatan suntik-menyuntik, tetapi juga sekaligus melakukan skrining kesehatan bagi siswa kelas I SD, I SMP, dan I SMA. Ohiya, selain dua kegiatan itu, kami juga memberikan penyuluhan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) untuk anak SD berupa cara mencuci tangan dan sikat gigi. Bagi pelajar SMP dan SMA, kami memberikan penyuluhan kesehatan tentang kesehatan reproduksi. Seru deh pokoknya ! soalnya di penyuluhan SD, kami menyuluh sambil joget-joget biar mereka senang :) Nah kalau di SMP dan SMA beda lagi sih, biasanya mereka semangat dan antusias tapi malu-malu. hehe

Di BIAS, imunisasi apa aja sih yang diberikan ?
Ada 2 jenis vaksinasi yang kami berikan ketika BIAS di SD. Vaksinasi tersebut kemudian dibagi ke dalam dua kelompok. Bagi adik-adik di kelas I SD, mereka harus disuntik kiri dan kanan (kasihan ya?), kalau mimin gak salah inget, di kanan itu imunisasi DT (untuk mencegah Difteri dan Tetanus) sedangkan di tangan kiri campak. Kebayang kan hecticnya suasana ketika kami lagi menyuntik dan juga menyuluh. hehe. Nah untuk kakak-kakak SD yang lebih besar cuma diberikan imunisasi DT. Tetapi ada hal lucu yang kami temui, tenyata badan besar gak jadi jaminan gak nangis loh saat diimunisasi. hehe. Di beberapa SD, banyak banget adik-adik yang bertampang sangar tiba-tiba berubah jadi cengeng pas imunisasi.

Lantas untuk apa sih imunisasi ?
Imunisasi itu penting loh teman-teman ! Pentingnya karena dengan imunisasi, kekebalan tubuh kita akan meningkat terhadap serangan penyakit, terutama di BIAS ini, untuk pencegahan campak, difteri, dan tetanus. Bayangin aja kalau kehidupan sekolah adik-adik terganggu karena sakit seperti yang disebutkan di atas. Jadi, kami biasanya membuang jauh-jauh rasa sedih dan kasihan ketika pelaksanaan BIAS agar adik-adik bisa semua diimunisasi-sekencang apapun tangisan mereka. hehe

Berikut dokumentasi kegiatan BIAS yang kami lakukan :
Ners Rona sedang memperagakan senam cuci tangan di depan siswa SDN 2 Kandangan

Antusias siswa SDN 2 Sedaeng saat imunisasi
Pemerhati Kesehatan Ida sedang memberikan penyuluhan kesehatan dengan media boneka jari di SDN 2 Sedaeng

Suasana BIAS di SDN 2 Sedaeng

Perjalanan menuju SDN 2 Kandangan untuk BIAS

NB : Sejujurnya ketika BIAS, kami seluruh anggota Pencerah Nusantara 3 Tosari mendapatkan banyak pelajaran hidup, salah satunya adalah tentang bersyukur. Ketika kami mengunjungi beberapa sekolah di dusun terpencil, biasanya kami menahan nafas sebentar untuk menahan tangis karena jujur kondisi adik-adik di sana sangat memprihatinkan. Namun, ketika melihat tawa mereka yang lepas, kami sadar mereka masih punya masa depan dan berhak mendapatkan masa depan yang cerah. Beberapa momen tawa mereka sempat kami abadikan. Semoga juga bisa menularkan energi ke teman-teman yang membaca artikel ini :)



@ronacahyantari

No comments:

Post a Comment