Followers

Friday, September 27, 2013

H-30....



Tak terasa sebulan lagi masa tugas kami sebagai pencerah nusantara berakhir di Tosari dan begitu juga untuk tim lainnya di seluruh penjuru Indonesia. Semua tim mulai menghitung mundur waktu menuju kepulangan dan berkumpulnya kami ber-32 di Jakarta. Rasanya tentu campur aduk antara senang, sedih, ragu, dan banyak lagi. Senang, kami semua tentu senang menantikan waktu pada akhirnya kami dapat berkumpul lagi dengan teman dan keluarga. Sedih ? jelas kami akan sedih meninggalkan tempat penugasan kami masing-masing yang sudah seperti rumah kedua bagi kami. Semuanya campur aduk menghasilkan sebuah euforia yang memicu diri kami untuk bekerja semaksimal dan mengerahkan yang terbaik yang bisa kami berikan sebulan terakhir ini . 

Setelah setahun berakhir, tidak hanya orang-orang yang akan mempertanyakan hasil dari kerja keras kami. Kami pun akan bertanya-tanya apakah kami sudah memberikan yang terbaik, apakah kami sudah maksimal, dan sebagainya. Banyak sekali keraguan akan kerja keras kami dan akan jadi apakah kami selanjutnya. Semua hal yang telah dan belum dilakukan menjadi pelajaran untuk kami dan tim selanjutnya, yang pastinya akan lebih baik dari kami. Yang kami lihat selama hampir setahun ini bukanlah hanya sebuah angka-angka yang bisa diukur seperti AKI, AKB,dll, tapi bagaimana kehadiran kami memberi perubahan bagi warga setempat, meski sekecil apapun dan kami akui dalam waktu sesingkat ini angka-angka yang diminta oleh para petinggi belum terdapat perubahan signifikan. Sekali lagi, kami bukan pahlawan kesiangan yang menuntut perubahan ini itu. Kami mencermati perilaku dan budaya masyarakat sebagai nantinya dapat perlahan dilakukan intervensi yang masuk melalui budaya mereka. 

Masih banyak orang di luar sana yang mempertanyakan apa sih pencerah Nusantara, ngapain sih mereka, namanya kok cheesy banget. Sekali lagi saya akan menjelaskan (dengan tersenyum dan menghela napas pendek), kami adalah sekumpulan anak muda yang punya visi untuk membangun Indonesia khususnya lewat kesehatan di pelosok-pelosok Indonesia. Meski kami bertempat di puskesmas, kami juga turun langsung ke lapangan bertemu dan melihat langsung kondisi masyarakat. Ketika social determinants of health (pendidikan, akses, transportasi, ekonomi, dll) masyarakat saja buruk, kesehatan jelas akan menjadi prioritas sekian, kami pun mencari cara untuk membantu di aspek selain kesehatan yang ujungnya akan mempengaruhi kesehatan lewat kerjasama lintas sektor dan khususnya dari pemerintah lokal sendiri.dan lagi, semua itu tidak semudah teori dan ucapan belaka.Namun, Yang paling menyenangkan dari ini semua adalah kami  membaur dengan masyarakat ,diundang ke acara-acara adat maupun sosial,disapa dan diberi senyuman oleh siapapun yang berpapasan di jalan, kami dianggap BAGIAN dari masyarakat. 

Untuk kami pribadi jelas sekali manfaatnya, kami anak-anak muda yang kebanyakan hidup di kota-kota besar, sangat minim pengetahuannya soal warga Indonesia lain yang masih tertinggal dalam berbagai aspek.  Lewat program ini kami diajak untuk membuka mata dan turut memberikan kontribusi untuk saudara-saudara kami di pelosok Indonesia. Ini bukan pengabdian karena ini semua kami lakukan dengan tulus dan senang hati. Orang-orang tidak sepatutnya memandang kami dengan kasihan dan menganggap kami telah menyia-nyiakan setahun hidup kami. Ini semua tidak sia-sia hai kawan, kami belajar banyak soal ketulusan, toleransi, gotong royong,kesederhanaan, keterbukaan, kearifan lokal masyarakat pelosok yang susah ditemui lagi di kota besar. Kami ditempa disini untuk bisa memahami sisi yang berbeda dan untuk memilih ingin menjadi sisi yang mana kami nanti. Setahun bukanlah tanpa arti dan akan kami lupakan begitu saja, ini akan sangat membekas dan harapannya kaum-kaum muda seperti kami yang nantinya akan menjadi leader dan policy maker di negeri ini, bisa mengingat masih banyak warga Indonesia yang butuh perhatian lebih dari kaum atas. 

Pesan saya untuk anak muda di luar sana, berkontribusi untuk Indonesia tidak hanya lewat mengikuti program-program seperti ini untuk dikirim ke pelosok Indonesia tapi lewat segala usaha kalian untuk berbuat sesuatu untuk negara ini di bidang kalian masing-masing. Every action counts! Seperti yang dikatakan oleh pak Ridwan Kamil, negara kita sedang sakit karena pemerintahnya korupsi, pebisnisnya oportunis, dan para intelektualnya apatis. Ditambah dengan kaum muda yang pesimis. Mentalitas bangsa kita harus dirubah menjadi masyarakat madani yaitu bahwa hanya kita sendiri yang dapat mengubah nasib kita. Mengubah dunia sudah tidak bisa dilakukan sendirian. Semua harus berkolaborasi dan berkelompok. Negeri ini butuh anak-anak muda yang optimis dan mau berbuat untuk negara ini. Jangan takut mengambil keputusan, resiko ataupun bertindak salah! Karena yakinlah yang tidak pernah berbuat kesalahan adalah yang tidak pernah berbuat apa-apa. Yang dibutuhkan bangsa kita adalah semangat memberi bukan menuntut. 

“Membenahi negara, menuju Indonesia yang lebih baik, memang bukan kerja sehari dua hari, dan bukan mustahil hasilnya baru akan kita rasakan lima puluh tahun lagi, atau bahkan ketika kita tak ada di dunia ini. Tidak masalah. Itu adalah TUGAS KITA SEMUA.” – Nanan Soekarna

Salam,
Olivia Herlinda dan segenap tim Tosari!

1 comment:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    ReplyDelete